Renungan 13 Januari 2015: PENTINGNYA PEPOHONAN

13-pentingnya-pepohonan-1

Arman dan Tegar baru saja selesai bermain bola. Udara siang itu terasa sangat panas. Sambil duduk di bawah pohon, mereka segera membuka air minum dan bekal makan siang mereka. Wah, ternyata sangat sejuk dan nyaman sekali duduk di bawah pohon yang rindang….tambah lagi udara yang sepoi-sepoi, semakin membuat mereka merasa segar dan nyaman.

Ayat Emas
“Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.”
(Kej.1:11)

Apakah di rumah atau lingkungan sekitar kalian, masih ada pepohonan? Sejak awal Tuhan menciptakan pepohonan di bumi ini, pertama untuk menopang atau menolong bumi agar tetap segar. Kedua, dari apa yang dihasilkan tumbuhan tersebut, dapat dimanfaatkan manusia utnuk kebutuhan mereka: makanan, sandang dan papan.

13-pentingnya-pepohonan-2

Di beberapa tempat, jumlah pepohonan semakin sedikit, sehingga hal itu juga mempengaruhi kehidupan manusia. Selain udara semakin panas, manusia juga semakin kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya,yang terkait tanaman dan pepohonan.

Doakan
Hutan di Kalimantan yang semakin gundul agar pemerintah cepat tanggap merehabilitasinya

Bayangkan kalau bumi akhirnya tanpa pepohonan, wah,… bagaimana rasanya ya? Panas matahari akan membakar bumi secara langsung dan bumi akan semakin memanas. Pernah memegang panci panas ketika mama sedang memasak? Ya, seperti itulah keadaan bumi tanpa pepohonan.

Coba urutkan pertumbuhan tanaman berikut, yang benar!

13-pentingnya-pepohonan-3

Doaku:
Tuhan Yesus, terimakasih karena Engkau menciptakan pepohonan di muka bumi ini. Tolong aku untuk belajar mencintai pepohonan dan melestarikannya. Amin.

— Kak Ayik

No comments yet.