Renungan 6 April 2015: SELAMAT HARI NELAYAN

2015.04.06-selamat-hari-nelayan-01

Indonesia terkenal sebagai negara maritim. Artinya, negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas perairan laut.

2015.04.06-selamat-hari-nelayan-02

Ada banyak tempat di wilayah kepulauan Indonesia yang memiliki kekayaan hasil laut, seperti beragam jenis ikan, pemandangan indah dari dasar laut, dan sebagainya.

Ayat Emas
“Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.”
(Yoh.21:6b)

Meski demikian, para nelayan yang mencari ikan setiap hari di laut, tidak selamanya mendapatkan ikan dengan mudah. Ada kalanya mereka tidak mendapatkan ikan sama sekali. Bahkan pernah, pada April tahun lalu, para nelayan di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, bersama-sama makan nasi aking (nasi kering atau kerak nasi ditambah parutan kelapa), karena prihatin dengan nasib para nelayan.

Doakan
Para nelayan tercukupi kebutuhannya sehari-hari

Mengapa laut tidak menghasilkan ikan? Karena ada di beberapa tempat, manusia membuang limbah dengan sembarangan, sehingga mematikan makhluk hidup dalam laut.

Ternyata laut juga perlu dijaga kelestariannya, agar kamu juga bisa menikmati terus hasil laut. Selamat hari Nelayan! Kunjungilah teman-temanmu yang memiliki keluarga sebagai nelayan, dan bantulah jika ada usaha penanaman pohon bakau di tepi pantai.

2015.04.06-selamat-hari-nelayan-03

Doaku:
Tuhan Yesus, aku percaya bahwa Engkau tidak akan pernah membiarkan kami kekurangan atau kelaparan, karena Engkaulah sumber berkat kami. Amin.

No comments yet.