Renungan 10 Desember: HARGAILAH SEMUA ORANG

Bacaan: Yesaya 9:3-6
10-hargailah-semua-orang

“Pandu, tidak seharusnya kamu melakukan hal itu pada Rani!” ucap Eva mengingatkan.
“Ah, itu kan salahnya sendiri…harusnya dia minggir, tidak menghalangi jalan,” ucap Pandu dengan suara keras.

10-hargailah-semua-orang-2

“Pandu, Rani sedang mengepel di lantai, saat kamu membawa tumpukan kardus dari gudang sekolah. Kamu harusnya menghargai kerja keras Rani, bukannya memarahi dia karena perbuatanmu itu. Lihat, lantai menjadi kotor karena sepatumu yang berdebu itu. Seharusnya kita bisa saling menghargai satu sama lain…karena kita memiliki hak yang sama di sekolah ini,” ucap Eva kemudian.

Ayat Emas
“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,”
(Rm.3:23)

“Maafkan aku…” ucap Pandu pelan.
“Pandu, harusnya kamu meminta maaf pada Rani, bukan pada aku,” ujar Eva.
“Rani, maafkan aku ya, yang telah berbuat kasar padamu. Mari aku bantu mengepel lantai kelas kita,” ucap Pandu kemudian.

Doakan
Anak-anak tidak egois dan sombong.

Apakah kamu pernah berbuat kasar terhadap teman-temanmu? Ingatlah, bahwa kamu ataupun teman-temanmu sebenarnya adalah sama di hadapan Tuhan. Mungkin kamu kaya dan teman kamu miskin. Atau mungkin kamu cakep dan tampang temanmu biasa-biasa saja, jangan meremehkan mereka. Hargailah mereka semua, karena baik kamu ataupun mereka adalah sama-sama ciptaan Tuhan. Baik kamu ataupun mereka adalah orang yang telah berbuat dosa dan hanya karena Tuhan Yesus saja, kita mendapatkan penebusan.

Tepat pada tanggal ini adalah peringatan Hari Hak Asasi Manusia. Yuk, saling menghargai satu sama lain, karena kita juga membutuhkan orang lain untuk hidup di dunia ini.

Ucapkan kalimat berikut!

10-hargailah-semua-orang-3

Doaku:
Tuhan Yesus tolonglah saya agar dapat memberikan penghargaan yang benar kepada semua orang.

No comments yet.