Renungan 21 Desember: BERLAKU SOPAN

21-berlaku-sopan

Opa Jhon dan Opa Mario sedang bermain catur di taman, saat Ruben berlari kencang dan menubruk meja tempat papan catur itu berada. Bukannya minta maaf, Ruben malah segera berlari dan tidak membantu memunguti buah-buah catur itu.

21-berlaku-sopan-2

Lain hari, Ruben kena dimarahi oleh Tante Sinta, karena bola kakinya mengenai jemuran yang masih basah. Tak hanya itu, karena ia bermain bola di sembarangan tempat, hampir saja ia menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Semua orang menjadi marah, tapi Ruben malah berlari dan bersembunyi.
Kelakuan Ruben yang tidak benar dan tidak sopan ini akhirnya diketahui orang-tuanya. Terlebih lagi, ternyata ada banyak orang yang tidak menyukainya. Ah, Ruben…Ruben…

Ayat Emas
“”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.”
(Mat. 7:12a)

Rasul Paulus mengajarkan kepada kita agar kita berlaku sopan terhadap semua orang. Berlaku sopan tidak terjadi secara otomatis, tapi harus dilakukan setiap hari agar menjadi kebiasaan yang baik dalam hidup.
Bisakah kamu menyusun kata-kata berikut menjadi kalimat yang baik?

Doakan
Temanmu yang nakal mau mengubah sikapnya yang buruk dan menghormati orang lain.

21-berlaku-sopan-3

Doaku:
Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam hidupku. Serta membuang apa yang tidak berkenan kepada-Mu. Amin.

No comments yet.