Renungan 1 April 2016: TINGGI HATI

2016.04.01-TINGGI-HATI-01

Tiba-tiba saja Roni memukul Mikha hanya karena ia merasa marah saat diperingatkan agar tidak membuang sampah ke sungai. Sampah yang menumpuk di sepanjang aliran sungai itu, selain membuat aliran sungai menjadi kotor, lama kelamaan membuat mampet, dan tentu saja menjadi penyebab banjir bila hujan lebat turun.

2016.04.01-TINGGI-HATI-02

Untung ada Mardi yang menengahi keributan tersebut. Sehingga perkelahian itu bisa dihentikan. Apa yang dilakukan Roni sangat tidak baik, karena dia sudah merusak lingkungan yang ada. Kedua, Roni juga tidak mau mendengarkan nasihat orang lain, malah memukul Mikha. Ini adalah sikap tinggi hati alias sombong, yang dimiliki manusia yang berdosa. Bukan saja merusak orang lain, juga lingkungannya.

Ayat Emas
“Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat. ”
(Ams. 8:13)

Tidak ada satu makhluk pun di muka bumi ini yang layak untuk menyombongkan diri. Karena hanya Tuhanlah yang berkuasa atas ciptaan-Nya. Kita adalah buatan tangan-Nya, juga makhluk-makhluk lainnya yang hidup atas seizin Tuhan.

Doakan
Anak-anak mau mendengarkan nasihat dari orang lain

Yuk, sekarang bantu Mikha untuk menulis ulang kalimat berikut!

2016.04.01-TINGGI-HATI-03

Doaku:
Tuhan Yesus, ampunilah aku, jika selama ini berbuat sombong. Aku mau belajar memuliakan Tuhan melalui kehidupanku. Amin.

No comments yet.