Renungan 16 JUNI 2016: HIDUP DENGAN SOPAN

2016.06.16-HIDUP-DENGAN-SOPAN

Waktu itu jam istirahat sekolah. Bu Santy sedang duduk-duduk di halaman sekolah tengah bercakap-cakap dengan beberapa anak. Tiba-tiba…. wussshhh… nampak Edo berlari dengan kencang melintas di antara Bu Santy dan teman-temannya yang lain. Maya, yang tubuhnya kecil, terserempet badan Edo dan jatuh ke tanah.

2016.06.16-HIDUP-DENGAN-SOPAN-2

Bu Santy dengan sigap membantu Maya bangun dan kemudian segera memanggil Edo. “Edo, itu tadi namanya tidak sopan. Lihat perbuatanmu, Maya sampai terjatuh, sedang teman-temanmu yang lain jadi terganggu. Ayo, segera minta maaf pada teman-temanmu,” ucap Bu Santy dengan suara tegas.

Ayat Emas
“Marilah kita hidup dengan sopan,… ”
(Rm.13:13a)

Hidup bersama orang lain perlu saling menghargai, saling taat terhadap peraturan, menjaga kesopanan dan kerukunan satu sama lain. Jika kamu ingin mendapatkan perlakuan yang baik, maka tindakanmu terhadap orang lain juga harus demikian. Jika kamu suka memusuhi orang lain, mana ada orang yang mau berteman denganmu?

Doakan
Temanmu yang suka berlaku tidak sopan dan membuat keonaran agar Tuhan mengubahkan hati mereka.

Rasul Paulus senantiasa mengingatkan kepada kita, untuk hidup seturut teladan Kristus, agar kita bisa menjadi teladan bagi sesama kita. Dengan demikian orang lainpun bisa meneladani apa yang telah kita perbuat.

Bisakah kamu membaca pesan berikut?

2016.06.16-HIDUP-DENGAN-SOPAN-3

Doaku:
Tuhan Yesus, terima kasih telah memberi teladan dalam hidupku. Tolong aku untuk senantiasa hidup sopan dan meneladani kasih-Mu. Amin.

No comments yet.