Renungan 2 April 2017: JANGAN CONGKAK

2-JANGAN-CONGKAK-A

Bacaan Alkitab Setahun:Matius 18:12-14

2-JANGAN-CONGKAK-B

Bulan Juli 2014 yang lalu, seluruh dunia dikagetkan dengan berita tentang kelompok ISIS (Islamic State in Iraq and Syria). Kelompok ini bertindak seperti seorang hakim, yang keputusannya tidak dapat dibantah. Setiap orang yang menurut pandangan mereka salah, maka harusdihukum mati. Mereka begitu congkak!

Ayat Emas
“Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari ”
(Yes. 2:11)

Dalam Perjanjian Lama, ada juga seorang tokoh yang sangat congkak, dialah Firaun. Ia tidak mau menghormati siapa pun, termasuk terhadap Tuhan. Ia bahkan menantang Tuhan. Hal ini nyata dalam setiap tindakannya, yang melarang orang Israel untuk pergi beribadah kepada Tuhan.

Doakan
Anak-anak Tuhan tidak menjadi congkak.

Apakah kecongkakan Firaun dapat mengalahkan ke-Maha Kuasaan Tuhan? Jawabannya, Tuhan jauh lebih berkuasa dari pada Firaun. Pada malam kematian anak sulung di Mesir, Firaun akhirnya mengizinkan orang Israel meninggalkan tanah Mesir.

Congkak adalah sifat yang tidak mudah untuk dilepaskan dari diri seseorang. Setelah Firaun mengizinkan orang Israel pergi meninggalkan Mesir, dengan congkak pula ia mengejar mereka kembali. Tapi Tuhan yang berkuasa atas langit dan bumi tahu cara mengakhiri kecongkakan Firaun. Ia membenamkan Firaun dan pasukannya di tengah-tengah air laut, yang semula terbelah menjadi dua itu. Maha dasyatnya, Tuhan!

Baca dan hafalkan kalimat berikut!

2-JANGAN-CONGKAK-C

Doaku:
Tuhan Yesus, ajar aku memiliki kerendahan hati, agar aku dapat memuliakan nama-Mu. Amin.

No comments yet.